Berita  

Unras di Kantor KPU Bulukumba Ricuh, Massa Berhasil diBubarkan Polisi

Petir.News.BULUKUMBA — Sekolompok massa simpatisan dari salah satu calon Bupati dan wakil Bupati Bulukumba menggelar Aksi Unjuk Rasa (Unras) didepan Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba, Selasa (30/7/2024).

Simpatisan pendukung calon Bupati dan wakil Bupati yang kalah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) meminta Ketua KPU menemui massa serta menuntut diadakan pemilihan ulang disemua TPS.

Aksi yang sebelumnya berlangsung kondusif, berubah menjadi ricuh dan anarkis akibat tuntutan dari simpatisan tidak dapat dipenuhi yakni menuntut pemilihan ulang akibat adanya dugaan kecurangan.

Tim Pengendalian Massa (Dalmas) Polres Bulukumba dibackup Anggota Kodim 1411/Blk berhasil mendesak dan memukul mundur serta membubarkan Massa dengan gas air mata dan semprotan air dari mobil water cannon, sehingga situasi kembali kondusif.

Situasi dan kegiatan tersebut adalah peragaan atau simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada Bupati dan wakil Bupati Bulukumba tahun 2024, oleh Jajaran Polres Bulukumba.

Pada kegiatan ini Polres Bulukumba menampilkan bebarapa peragaan dalam penanganan atau simulasi Sispamkota tersebut, dimulai dari pengawalan massa oleh Lalulintas, negosiasi oleh personel Polwan dan Satbinmas, beberapa evakuasi, hingga tindakan tegas yakni membubarkan massa oleh pasukan Dalmas.

Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono, S.H.,S.I.K.,M.M menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pelaksanaan simulasi Sispamkota guna membentuk personel yang mampu dan siap dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 Kab.Bulukumba.

“Simulasi ini sangat penting untuk memastikan kesiapan Polres Bulukumba menghadapi segala kemungkinan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan berlangsung, khususnya pengamanan obyek vital di kantor KPU.” Ujar Kapolres.

“Ini juga merupakan gambaran atau langkah-langkah penanganan pihak Kepolisian manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kami berharap situasi ini hanya terjadi pada simulasi ini saja dan tidak benar terjadi.” Sambungnya.

Hadir dan menyaksikan langsung simulasi Sispamkota ini, H.Andi Muchtar Ali Yusuf Bupati Bulukumba, Cahyadi Sabri, SH.MH Kajari Bulukumba, Kapten Inf Asri Ahmad Pasi Ops Kodim1411/Blk, Komisioner KPU dan Bawaslu, Pejabat Utama Pemda Bulukumba, Pejabat utama Polres dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan mulai dilaksanakan pada pukul 08.00 wita, hingga seluruh rangkaian berakhir pukul 10.00 wita dalam keadaan aman dan lancar, dengan melibatkan ratusan Personel Polres Bulukumba dan Polsek Jajaran.

Penulis: HmsEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *